Headlines News :
Home » » Pedassnya Garang Asem Bu Parti

Pedassnya Garang Asem Bu Parti

Written By Unknown on Friday, December 19, 2014 | 8:34 AM

      PONOROGO,- Kabupaten Ponorogo ternyata tidak hanya terkenal pada kesenian Reyognya saja, akan tetapi juga terkenal akan surga kulinernya. Bermacam-macam makanan khas daerah Ponorogo mulai dari, sate ayam, dawet jabung, jenang, nasi pecel, hingga garang asem milik Bu Parti, yang sudah terkenal sampai luar kota.

     Berawal dari warisan turun temurun, Rumah Makan Bu Parti yang beralamatkan di Jalan Brawijaya Desa Ngasinan Kecamatan Jetis ini hampir setiap harinya ramai pembeli. Beraneka ragam garang asem seperti, garang asem ayam, garang asem jerohan, garang asem tawon hingga menu-menu yang lainnya, disajikan dan dikemas secara unik, tentunya untuk menarik minat pengunjung dan pembeli.

      Garang asem milik Bu Parti ini mempunyai rasa yang berbeda dengan garang asem pada umumnya. Selain enak, garang asem yang diolah dengan bumbu yang komplit ini mempunyai rasa yang ekstra pedas, “bahkan saking pedasnya sehabis makan garang asem ini sampai keringat saya keluar terus, dan pilek saya hilang,” ujar didik salah satu pembeli garang asem milik Bu Parti.

      Suparti pemilik Rumah Makan Bu Parti menjelaskan, bahan dasar dari garang asem itu sendiri meliputi; ayam kampung, jerohan, rumah tawon, lombok, tomat, blimbing wuluh, garam dan lain-lain. Bahkan, dalam sehari bisa menghabiskan 35-40 ekor ayam, untuk rumah tawonnya mengikuti tergantung dari pemasok dan persediaan yang ada. Untuk pengolahan dan pembuatannya tidak jauh berbeda dengan garang asem yang lainnya dan pada umumnya,

    “Hanya porsi lomboknya yang berbeda, setiap satu bungkus saya menggunakan bumbu pedas ditambah sekitar 20-25 lombok utuh, supaya benar-benar pedas” tutur Suparti yang sudah menggeluti bisnisnya ini selama 20 tahun.

     Ia menambahkan, Rumah Makan Bu Parti sengaja tidak membuka cabang, serta saat ini telah memiliki 6 karyawan, dan buka pada jam 08.00 sampai 11.00wib. untuk satu bungkus garang asem seharga Rp12 ribu, ditambah aneka menu minuman seperti, jus jambu, jus sirsak, jus apel, jus tomat, jus blewah, jus alpukat, es jeruk, es teh dan lain-lain. Seakan tidak mau ketinggalan, Rumah Makan Bu Parti ini juga menjadi jujugan pejabat hingga para artis-artis terkenal sewaktu mengunjungi Kabupaten Ponorogo.

    “Kedepannya, saya masih akan mengembangkan usaha ini tidak hanya pada cita rasanya saja, tetapi juga fasilitasnya, seperti tempat untuk meeting room dan ruang santai keluarga,” pungkasnya. (Prisna)
Share this article :
 
Support : Support Website | Balai Kota |
Powered by PERS PONOROGO
Copyright © 2015. Lingkar Kota : Informasi Berdasarkan Data Dan Fakta - All Rights Reserved
Template Design by Ze Dien Published by Balai Kota Supported by Wengker.com